Senin, 14 Desember 2015

KOMPUTER BAGI ANAK USIA DINI

PENTINGNYA PENGENALAN KOMPUTER PADA ANAK DAN CARA PEMBUATAN GAMES SEDERHANA MENGGUNAKAN POWERPOINT




A.  Pentingnya Pembelajaran Komputer Pada Anak                                                                   Pendidikan anak usia dini yang baik dan tepat dibutuhkan anak untuk menghadapi masa depan. Terlebih pembelajaran tersebut menyangkut tentang pengenalan komputer sejak usia dini  ini yang sangat di anjurkan karena dengan teknologi yang serba canggih pada saat sekarang ini   berbagai informasi dunia dapat di akses melalui tangan kita.
Untuk itu semenjak dini pendidik perlu mengenalkan teknologi tersebut kepada anak didik Karena penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan sebuah bangsa. Begitulah pesan yang disampaikan oleh Profesor Sandralyn Byrnes, Australia’s & International Teacher of the Year saat seminar kecil di acara Giggle Playgroup Day 2011, gelaran Miniapolis & Giggle Management, Jumat, 11 Februari 2011 lalu. Usia tiga dan empat tahun adalah usia yang siap untuk mengeksplorasi komputer (Haugland, 2000).
Komputer memiliki dampak bagi anak ketika Komputer memberikan pengalaman konkret, anak-anak bebas menggunakan dan mengontrol pengalaman belajar tersebut, anak dan guru belajar bersama, guru mendorong pengajaran teman sebaya dan guru menggunakan komputer untuk mengajarkan gagasan-gagasan yang sangat kuat. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa computer memiliki manfaat bagi pengembangan potensi anak usia dini.
Salah satu karakteristik penting pada anak usia dini adalah rasa keingintahuan yang sangat besar. Seringkali mereka banyak bertanya untuk mengetahui banyak hal yang menarik bagi mereka. Sebagai pendidik kita tidak boleh bosan dengan banyak pertanyaan yang mereka ajukan. Terlebih jika hal-hal yang mereka ingin ketahui termasuk hal yang baru untuk mereka. Karena proses belajar pada hakikatnya diawali dengan rasa ingin tahu yang ada dalam diri seseorang. Tanpa adanya rasa ingin tahu, seseorang tidak akan pernah tertarik untuk belajar. Dan pengalaman belajar akan sangat berkesan jika anak melakukan langsung (hand on). Ajaklah anak untuk mengamati, melihat dan menyentuh langsung obyek yang akan dipelajari. Untuk itu tentu saja guru harus menyediakan perangkat komputer sebagai media pembelajaran.
Pembelajaran tentang teknologi komputer pada anak usia dini dilakukan hanya sebatas mengenal perangkat komputer sebagai teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia. Pengenalan potensi komputer untuk pembelajaran anak usia dini dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran berupa menggambar dan bernyanyi. Misalnya dengan program aplikasi Power Point guru dapat mengajak anak untuk menggambar obyek dan mewarnainya. Ajaklah anak untuk belajar menggeser mouse, menggambar dan mewarnainya. Hasil pekerjaan anak akan terlihat pada layar monitor. Anak dapat mem-print out hasilnya dan menyimpannya sebagai dokumen portofolio.  Selain itu orangtua maupun guru juga bisa membuat games komputer untuk anak  melalui aplikasi PowerPoint menggunakan Hyperlin.

B.  Cara Pengenalan Komputer Pada Anak
Langkah awal dalam mengenalkan komputer pada anak usia dini dapat dimulai dengan menceritakan tentang manfaat komputer terhadap kehidupan manusia. Komputer digunakan untuk mendukung banyak tugas dan pekerjaan manusia. Contoh yang dapat di sampaikan misalnya:
·         Pengatur lalu lintas udara di bandara menggunakan komputer untuk mengatur jadwal penerbangannya.
·         Penggunaan komputer juga berpengaruh terhadap komunikasi yang meliputi berbicara, membaca dan menulis. Sikap positif dan meningkatnya interaksi sosial mengarahkan pada peningkatan penggunaan bahasa.
·         Dokter menggunakan komputer untuk membantu memeriksa/mendiagnosa kondisi pasien.

C. Cara Membuat Games Sederhana Menggunakan PowerPoint dengan Hyperlink
Games untuk pengembangan bahasa anak usia dini (4-6 tahun)
Tujuan Games : Untuk pengenalan huruf awal dari suatu kata
Tema               : Rekreasi (Transportasi)
Sub Tema        : Transportasi darat, laut, dan udara

Langkah-langkah Pembuatan Games
1.      Bukalah powerpoint di komputer, seperti tampilan di bawah ini :




2.      Lalu ketik lah judul dari games dan beri backgroud,
Desain background dengan cara :
·         Klik kanan > format background > klik fill (picture or texture) > pilih file > ok




3.      slide selanjutnya, buatlah bagan-bagan untuk transportasi darat, laut, dan udara menggunakan menu insert > shapes > pilih bagan sesuai keinginan dan masukan gambar melalui menu insert > klik picture.



4.      Slide selanjutnya masukan gambar-gambar transportasi darat, seperti mobil, kereta api dan motor. Dengan cara klik insert > picture

                                            
                                                                                                           
5.     Slide selanjutnya, buatlah bagan lingkaran dan beri huruf awal kata, seperti huruf M untuk gambar Mobil




6.      Slide selanjutnya seperti langkah nomor 5.
7.      Dan berilah hiperlinknya pada bagan atau gambar.
·Untuk Play : klik kanan bagan play > klik hyperlink > place in this document > klik slide 2 > OK
·Untuk bagan trasnportasi darat : klik kanan bagan transportasi darat > klik hyperlink > place in this document > klik slide 2 > OK
·Untuk gambar daratan : klik gambar > animation > klik animation pane yang diinginkan > klik start with previous
·Untuk memunculkan huruf awal gambar mobil pada slide 4 : klik gambar mobil > insert > menu links, actions > mouse klik, hyperlink to : slide 5
·Begitu seterusnya sampai games selesai dibuat dan dimainkan oleh anak

8.      Untuk menyimpan PowerPoint games dengan hyperlink, gunakan save as dengan PowerPoint Show. Ok selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar